SAMARINDA - Kelurahan Bugis – Pada tanggal 1 juli 2021 akan mulai dilaksanakan-nya penarikan TarifRestribusi sampah dan Kebersihan Non PDAM di wilayah Kota Samarinda. Hal ini berkaitan dengan adanya kebijakan baru dari walikota Samarinda mengenai tata cara pemungutan retribusi pelayanan persampahan dan kebersihan Non PDAM yang dapat dilihat pada peraturan walikota Samarinda No. 52 Tahun 2020.

Pada kebijakan ini warga samarinda akan dilakukan pemungutan terkait kebijakan baru tersebut. Pemungutan ini dilakukan oleh petugas Dinas Lingkungan Hidup yang mendatangi dari rumah ke rumah berdasarkan jadwal kunjungan dan memiliki surat tugas serta tanda pengenal.

Kebijakan ini sudah dibuat pada tahun 2019 namun mulai diberlakukan pada tahun 2021 ini. Segelintir dari masyarakat Samarinda masih belum tahu akan informasi kebijakan tersebut. Sehingga kami mahasiswa KKN Unmul berinisiatif untuk memberikan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang adanya kebijakan penarikan tarif sampah dan kebersihan.

Hal ini kami lakukan dengan membagikan poster yang berisikan informasi dari kebjikan walikota tentang penetapan tarif retribusi sampah dan kebersihan di wilayah Kelurahan Bugis. Kami menempelkan poster serta membagikan brosur kepada masyarakat di wilayah kelurahan Bugis. Hal ini kami harapkan dapat membantu pekerjaan pemerintah dalam sosialisasi kepada masyarakat dan juga menginfokan kepada masyarakat agar nantinya bisa tahu akan kebijakan tersebut dan tata caranya pada saat dilakukan pemungutan tarif sampah Non PDAM.

Mengenai kebijakan Walikota tersebut, ada terdapat 6 Klasifikasi Wajib Retribusi yang dilakukan penyesuaian tarif adalah :

  1. Tarik per bulan 7.500,00 : Kelompok Dasar I Rumah tempat tinggal kayu/papan/beton (sangat sederhana), sekolah Negeri/Swasta, Rumah Sakit Pemerintah/TNI/POLRI, Puskesmas, Hidran Umum, MCK Umum, Terminal Angkutan Umum, (Wajib Retribusi yang belum berlangganan PDAM) disetarakan dengan tarif DI).
  2. Tarif per bulan 10.000 : Kelompok Dasar II Rumah tempat tinggal kayu/papan/beton (sederhana), Mess/Asrama, Rumah Susun, Rumah Kost, Rumah Bangsal, Kantor Pemerintah/TNI/POLRI, Perguruan TinggiNegeri/Swasta.
  3. Tarif per bulan 30.000 : Kelompok Dasar III Rumah tempat tinggal (mewah), Perumahan Villa Hill, Resident, dan yang setara.
  4. Tarif per bulan 20.000 : Kelompok Penuh I Warung Sederhana, Salon Kecantikan, Tempat Cukur, Tempat Jahit, diJalan Lingkungan, Klinik Kecil, Klinik Bersalin
  5. Tarif per bulan 750.000 : Kelompok Penuh IV Hotel Bintang, Mall, Big Mall, Plaza, Hipermart, Dealer Mobil, Industri Skala Nasional, BUMN/BUMD, dan yang setara.
  6. Tarif per bulan 2.500.000 : Kelompok Kesepakatan Khusus Bandara, Pelabuhan Komersial.

Pada terobosan baru tersebut , diharapkanmasyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan dan DLH samarinda dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat samarinda agar kota menjadi tertata dan bersih dari sampah. Pada sebagian masyarakat tidak masalah dengan adanya kebijakan terkait restribusi sampah non PDAM tersebut. Namun ada juga sebagian masyarakat yang masih kontra dalam kebijakan tersebut.

 

Foto Pemasangan dan pembagian poster ke masyarakat di wilayah Kelurahan Bugis

Selamat datang di Website Resmi Kelurahan Bugis
Selamat Datang Di Web Site Resmi Kantor Kelurahan Bugis Kecamatan Samarinda Kota... BERSAMA KITA BISA
VISI KOTA SAMARINDA : TERWUJUDNYA SAMARINDA SEBAGAI KOTA PUSAT PERADABAN